Wednesday

5 Alat Transportasi Bekas Yang Di Beli Indonesia Dari Negara Lain

kapal bekas
Memenuhi kebutuhan alat transportasi merupakan kewajiban pemerintah kepada warganya, namun dengan dana yang tidak banyak maka pemerintah Indonesia terkadang tidak mampu membeli sarana transportasi yang baru, akhirnya barang bekas setengah pakai dari negara lain pun menjadi solusi pemerintah untuk tetap menyediakan alat transportasi untuk warganya. Nah berikut ini ada beberapa alat transportasi berkas yang dibeli Indonesia dari negara lain, mau tahu apa saja itu simak berikut ini: 

1. Kapal mewah bekas Inggris 
ASDP membeli kapal mewah 8 lantai bekas negara Inggri kapal besar ini akan digunakan untuk sarana angkutan di pelabuhan Pelabuhan Merak. Ukuranya yang besar mampu mengangkut 1.000 penumpang dan 300 kendaraan. Kapal ini sendiri diberi nama KMP PORT-LINK. 

2. Kereta bekas dari Jepang 
Walaupun PT Industri Kereta Api (INKA) sudah mampu membuat kereta apli listrik sendiri ternyata PT KAI selaku operator jalur commuter line dua tahun ini lebih memilih untuk membeli kereta bekas pakai dari jepang alasanya karena kereta bekas lebih murah dibandingkan membeli kereta baru buatan PT INKA. 

3. Pesawat bekas dari China 
Awal Januari tahun ini, PT Merpati Nusantara Airlines sempat melontarkan wacana akan mendatangkan tiga unit pesawat tipe Airbus A320 bekas dari China. Pengadaan pesawat ini merupakan bagian dari 20 pesawat A320 yang didatangkan perseroan sepanjang tahun ini. Sebelum Merpati, pada akhir 2011, maskapai penerbangan Sriwijaya Air membeli 12 pesawat bekas jenis Boeing B737-500 senilai USD 84 juta. 

4. Monorail bekas China 
PT Jakarta Monorail sepertinya tertarik dan jatuh hati pada monorail bekas buatan china dan tidak mau menggunakan  Monorail buatan anak negri, padahal INKA sudah pernah memamerkan Monorail untuk Jakarta. 

5. Pesawat Amfibi bekas Selandia Baru 
Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengapresiasi rencana kerja sama Indonesia dengan Selandia Baru. Dia berharap, kerja sama itu akan fokus pada sektor teknologi, karena negara tetangga Australia itu banyak menguasai teknologi penerbangan. Selandia Baru mengklaim telah memproduksi 1.000 pesawat dan mengekspornya ke 80 negara di dunia. Oleh karena itu, Wamendag berharap Indonesia dapat menikmati hasil karya kedirgantaraan mereka, khususnya pesawat amfibi yang dapat digunakan di Tanah Air dengan kondisi geografis kepulauan. 

Nah itulah alat transportasi bekas yang dibeli Indonesia dari negara lain.





Sumber

No comments:

Post a Comment