Wednesday

Nepal Ingin Bangun Tangga untuk Capai Puncak Everest

Setiap tahunnya gunung Himalaya dikunjungi ratusan pendaki yang ingin mencapai puncak Everest. Saking ramainya, jalur pendakian pun ramai hingga menjadi antrian panjang. Kini Nepal memiliki ide untuk mempermudah pendakian. 

Rencana ekstrim ini diajukan oleh Expedition Operators Association (EOA). Ide tersebut adalah membuat tangga jembatan di Hillary Step di ketinggian 12 meter dari puncak Everest 8.848 m untuk mengurangi kemacetan. Pasalnya para pendaki sering harus antri hingga 4 jam agar bisa naik ke puncak. 

Selain itu masih ada wacana lain dengan membuat tali yang terpancang kuat dari base camp ke puncak. Tak hanya itu, pemerintah Nepal juga disarankan memastikan setiap pendaki memiliki pengalaman dasar pendakian. Tentu saja rencana ini mengundang reaksi pro kontra dari publik. 

Para pendaki gunung berpengalaman mengkritik rencana pembangunan tangga ini. Pasalnya mereka sudah cukup terbantu dengan keberadaan Sherpa yang secara rutin mendaki serta menguasai medan. 

Pada bulan lalu terjadi keributan di ketinggian 6.096 m ketika tiga pendaki bersimpangan dengan grup lainnya. Grup itu adalah 100 sherpa yang menyediakan tali bagi pendaki kaya. Sejauh ini sudah ada 500 orang yang berhasil mencapai puncak dunia tersebut sejak jalur pendakian dibuka 60 tahun lalu.




sumber

No comments:

Post a Comment